3 Cara Merawat Genset Diesel Agar Awet Dan Tahan Lama

Di zaman modern seperti saat ini kehadiran listrik memanglah cukup sakral kehadirannya. Semua hal dari yang terbesar sampai yang terkecil pasti membutuhkan listrik. Saat ini, PLN masih menjadi sumber listrik terbesar bagi masyarakat Indonesia. Setiap bulannya, masyarakat Indonesia menggunakan listrik dengan julmah yang sesuai dengan kebutuhan hariannya. Setiap rumah memiliki kebutuhan lkstrik yang pastinya berbeda-beda. Biasanya, konsumsi listrik yang cukup besar dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk pabrik dan industry lainnya. Namun sayangnya, PLN yang menjadi satu-satunya pemasok listrik untuk masyarakat sangat sering terjadi gangguan. Mulai dari listrik padam sampai ke masalah-masalah yang lainnya. Biasanya, masyarakat yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar menyiasatinya dengan membeli dan menggunakan genset. Genset banyak jenisnya mulai dari genset open, genset silent, dan juga genset diesel terbaik. Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika generator set atau yang biasa disingkat gensetbanyak digunakan sebagai alternative penyalur listrik cadangan untuk kebutuhan sehari hari. Dengan adanya genset sebagai pemsok dan penyalur listrik cadangan, maka kita tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu mengalami berbagai macam masalah kelistrikan. Genset juga butuh perawatan intens untuk menjaga kesehatan mesin dan juga supaya genset lebih awet. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana saja cara merawat genset maka berikut adalah 3 caranya.

  1. Perhatikan kebersihan genset

Kebersihan genset nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mesin dari genset diesel tersebut. Selalu bersihkan kotoran, debu, atau cairan yang menempel pada bagian genset mulai dari yang terluar sampai yang terdalam. Salah satu bagian yang harus anda perhatikan pada saat membersihkan genset adalah radiator gensetnya. Bersihkanlah radiator genset secara berkala agar mesin tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Selain itu, simpanlah genset pada tempat yang kering. Karena jika tempatnya lembab, atau ada sedikit genangan air maka akan mempengaruhi mesin serta dapat mengalirkan listrik tanpa disengaja.

 

  1. Rutin periksa bahan bakar

Karena genset yang satu ini berbahan solar, maka kebersihan filter sangat penting untuk diperhatikan. Periksalah tempat bahan bakar dan filternya agar mesin tetap bekerja dengan optimal. Jika filter sudah hitam dan kotor maka segeralah bersihkan atau anda bisa juga menggantinya dengan yang baru. Selain itu pastikan tidak ada goresan atau lecet pada filter bahan bakar genset. Karena goresan pada filter akan merusak performa mesin jika tidak segera diganti dan rutin dipakai.

 

  1. Periksa pemanas dan pendingin mesin

Mengingat genset yang satu ini menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, maka penting bagi anda untuk memeriksa stabilitas dari sistem pemanasan gensetnya. Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan mengatur daya mesin 1/3 net power. Jika anda bingung bagaimana caranya, anda bisa melihat langkah langkahnya yang tertera pda buku panduan pengoperasian genset. Kemudian untuk pendinginnya, rutinlah untuk memeriksa interval cairan pendingin setiap genset telah selesai anda gunakan. Selain itu, anda harus memastikan bahwa radiator pada genset tersebut tetap bersih dan tidak terkontaminasi kotoran apapun.

 

Begitulah penjelasan mengenai 3 cara merawat genset diesel agar awet dan tahan lama. 3 cara tersebut bisa anda terapkan untuk menjaga genset anda tetap awet dan tahan lama. Selain itu, servis rutin juga perlu untuk dilakukan agar kesehatan mesin tetap terjaga. Semoga artikel kali ini dapat penjenlasan dan informasi yang berguna bagi anda yang sedang bingung untuk mengetahui bagaimana cara merawat genset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *