Perbedaan Mencolok Antara Genset Open Dengan Genset Silent

Genset open atau genset silent, keduanya adalah jenis genset yang dengan mudah ditemukan di toko-toko yang jual genset. Kedua jenis genset tersebut saat ini banyak dicari oleh masyarakat terutama ketika memasuki musim penghujan di bulan oktober. Saat musim penghujan biasanya sering sekali terjadi pemadaman listrik. Dimana pemadaman listrik tersebut dapat mengganggu aktivitas sebagian orang. Pekerja kantoran, industri, berbagai peralatan rumah sakit tidak akan dapat bekerja tanpa ada listrik yang mengalir. Terutama bagi orang-orang yang mempunyai hewan peliharaan seperti ikan, mesin penetas telur dan lain sebagainya yang sangat membutuhkan listrik selama 24 jam. Bayangkan jika pemadaman listrik terlalu lama pasti akan banyak ikan yang mati, telur yang ada di mesin penetas akan gagal menetas dan lain sebagainya. Sehingga alat penyuplai listrik seperti genset sangat banyak dibutuhkan. Membeli genset baik untuk tipe open maupun tipe silent saat ini tidaklah susah. Karena banyak sekali distributor yang menjual genset.

Selain tersedia tipe open dan juga silent, saat ini sudah ada jenis genset standby dan juga portable. Masing-masing dari jenis genset tersebut tentu saja mempunyai kekurangan dan juga kelebihan. Setiap orang tentu saja mempunyai selera masing-masing begitu juga soal pemilihan genset. Perbedaan yang sangat mencolok pada genset tipe silent maupun open yang pertama terletak pada cover genset atau box genset. Sebutan genset tipe open atau genset terbuka ini didasarkan pada covernya atau boxnya. Genset dengan tipe terbuka tidak dibekali dengan penutup atau yang biasa disebut dengan kanopi. Semua bagian-bagian penting dari genset seperti knalpot, mesin, baterai dan lain sebagainya dapat terlihat dengan jelas. Sebaliknya untuk genset dengan tip silent dibekali dengan box penutup. Sehingga semua bagian-bagian penting dari genset silent tidak dapat dilihat.

Perbedaan selanjutnya yang sangat mencolok dari genset open terbaik dengan genset silent adalah dari suara yang ditimbulkan. Sebelumnya penulis telah menjelaskan bahwa genset silent dilengkapi dengan penutup sedangkan genset tipe open tidak dilengkapi dengan penutup. Dimana ada dan tidaknya penutup itulah yang membedakan suara dari kedua jenis genset tersebut. Karena dilengkapi dengan penutup maka genset silent tidak mempunyai suara yang mengganggu sedangkan sebaliknya genset tipe open yang mana tidak dilengkapi dengan penutup maka suara yang ditimbulkan saat genset sedang mensuplai listrik cukup mengganggu. Suaranya bising sehingga banyak konsumen yang akan membeli genset tipe open, khususnya yang akan menggunakan genset untuk keperluan rumah tangga berpikir dua kali. Karena genset yang dibutuhkan untuk rumah tangga, konsumen lebih memilih jenis genset silent yang suaranya tidak mengganggu sehingga ketika dioperasikan tidak mengganggu penghuni rumah maupun tetangga rumah. Namun bagi beberapa industry lebih suka menggunakan genset terbuka atau open.

Genset terbuka atau open yang tidak dilengkapi dengan penutup ini sekaligus menjadi kelebihan yaitu memudahkan konsumen dalam melakukan pengecekan genset. Anda tidak perlu membuka penutup sehingga perawatan dan pengecekan dapat dilakukan lebih cepat. Dengan tidak perlu membuka penutup maka pengguna genset tidak malas melakukan perawatan. Sedangkan sebaliknya merawat genset silent cukup ribet sehingga kebanyakan pemilik genset silent malas untuk mengecek dan membersihkan genset. Selanjutnya perbedaan yang mencolok antara genset silent dengan genset open adalah terletak pada harganya. Harga genset silent lebih mahal jika dibandingkan dengan genset tipe open.  Sehingga bagi konsumen yang budgetnya minim lebih memilih genset terbuka atau open.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *