Mengenal Fungsi Genset 3 Phase

Generator atau yang lebih dikenal dengan nama genset sebenarnya adalah alat yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Biasanya, alat ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu genset arus searah (DC) dan genset arus bolak-balik (AC). Namun, khusus untuk genset AC beberapa orang juga menyebutnya dengan nama Alternator. Selain dari jenisnya, genset juga bisa dibedakan berdasarkan komponennya seperti genset 3 Phase terbaik dan 1 Phase.

Kelebihan generator 3 Phase

Sebenarnya jika dilihat dari segi fungsi, genset ini memiliki fungsi yang sama dengan genset pada umumnya yaitu sebagai pembangkit listrik. Lalu?Apakah yang membedakan genset jenis ini? Apakah perbedaan komponen yang dimilikinya tidak memberikannya kelebihan apa pun?

Walaupun fungsinya sama dengan genset lain tapi perlu kalian tahu jika genset ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis genset biasa yaitu besar tegangan (voltase) yang dihasilkan. Berbeda dengan genset biasa yang sering digunakan di rumah-rumah, genset ini memiliki daya sekitar 380 volt.Cukup besar untuk ukuran genset kecil.Bandingkan dengan tegangan yang dihasilkan oleh genset biasa atau genset 1 Phase yang terbatas hanya bisa menghasilkan listrik dengan tegangan 220 volt yang merupakan tegangan sebagian besar listrik rumah tangga di tanah air.

Lalu, kenapa dengan tegangan yang dihasilkan?Apakah besar tegangan yang dihasilkan berdampak signifikan pada performanya dan harganya?Sebenarnya tidak selalu demikian namun yang jelas dengan tegangan yang lebih besar maka kalian bisa menghasilkan daya yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk mengaliri lebih banyak peralatan elektronik.

Jika dilihat dari tegangan yang dihasilkan dan membandingkannya dengan tegangan listrik yang kebanyakan digunakan masyarakat Indonesia maka setidaknya generator ini mampu menghidupkan 2 buah rumah sekaligus. Jika dilihat sekilas memang hal tersebut kurang begitu penting namun coba bayangkan jika kalian sedang dalam kondisi darurat seperti sedang terkena bencana  alam sehingga pasokan listrik PLN terpaksa harus dipadamkan untuk sementara waktu.

Perlu diketahui, dalam keadaan seperti iyu pemadaman bisa berlangsung selama berhari-hari sehingga mau tidak mau kalian membutuhkan genset dengan tenaga yang lebih besar namun juga memiliki harga yang terjangkau.Oleh sebab itu maka genset 3 Phase ini merupakan pilihan terbaik karena lebih efisien dari segi ukuran dan harga.

Selain untuk keperluan darurat seperti diatas, saat ini banyak juga tersedia generator 3 Phase yang memiliki kapasitas sangat besar yang ditujukan untuk industri.Meskipun bukan untuk kepentingan rumah tangga tapi genset seperti ini bisa dikatakan lebih terjangkau dibandingkan genset-genset lainnya.

Harga generator 3 Phase

Dibandingkan dengan genset 1 Phase, generator 3 Phase tentu memiliki harga yang relatif lebih tinggi.Hal ini dikarenakan tegangan serta kapasitasnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan genset normal. Menurut beberapa sumber, setidaknya harga satu buah generator 3 Phase ini dijual dengan kisaran Rp 8 juta hingga puluhan juta rupiah tergantung ukuran dan kapasitasnya. Semakin besar kapasitas yang dimilikinya maka harganya tentu saja semakin mahal.Bahkan disebut-sebut ada yang mencapai harga Rp 50 juta rupiah.

Meskipun harganya terbilang cukup lumayan tapi hal tersebut tampaknya tidak menjadi masalah terutama untuk dunia industri.Genset 3 Phase dinilai bisa membantu meningkatkan usaha jika terjadi sewaktu-waktu pasokan listrik terputus secara tiba-tiba.Dengan adanya genset ini maka kepentingan usaha atau apapun itu bisa berjalan kembali setidaknya hingga listrik kembali menyala.

 

 

Apa Perbedaan Genset 3 Phase Dengan Genset Biasa?

Siapa yang pernah mendengar tentang genset 3 Phase terbaik ? Mungkin sebagian besar dari kalian kurang mengenal atau justru baru mengetahui tentang jenis genset ini.hal ini sangat wajar mengingat genset seperti itu jarang digunakan di kehidupan sehari-hari apalagi di perumahan biasa. Genset seperti ini umumnya digunakan untuk kepentingan acara-acara yang membutuhkan daya listrik yang cukup besar atau untuk memenuhi kebutuhan listrik beberapa rumah sekaligus.

Genset 3 Phase vs genset 1 phase

Di pasaran, genset atau generator memiliki berbagai jenis tergantung fungsi dan cara kerjanya. Untuk generator 3 Phase sendiri sebenarnya lebih dikenal dengan nama generator AC 3 Phase atau juga kadang dikenal dengan nama Alternator 3 Phase. Keduanya sama-sama berfungsi menghasilkan tenaga listrik alternatif yang berupa arus bolak-balik (AC).

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya generator 3 Phase tidak ada bedanya dengan genset lain yang biasa kalian temui. Namun, yang membedakan keduanya adalah jumlah teanga yang dihasilkan.Jika genset biasa hanya bisa menghasilkan energi listrik dengan tegangan 220 volt maka genset tipe ini bisa menghasilkan tegangan listrik sebesar 380 volt.Sangat besar bukan?

Kalian mungkin bertanya-tanya.Apa yang menyebabkan tegangan yang dihasilkan oleh kedua jenis genset tersebut bisa berbeda? Nah, jika kalian tahu di dibandingkan dengan genset 1 Phase (genset biasa), genset 3 phase memiliki lebih banyak kabel keluaran. Jika tidak salah terdapat 4 buah kabel yaitu kabel phase 1(phase R), kabel phase 2 (phase S), kabel phase 3 (phase T) dan yang terakhir adalah kabel nol (Neutral).

Jika diteliti lebih jauh, baik genset biasa atau genset AC 3 Phase keduanya memiliki selisih tegangan 220 volt. Pada generator 3 Phase tegangan di kabel Neutral adalah 0 yang diperoleh dari hubungan kumparan lainnya maka lain halnya dengan genset biasa yang tegangan netralnya tidak bernilai 0. Tegangan Neutral akan berubah sesuai dengan perubahan tegangan di tiap kabel phase tapi tetap ada selisih 220 volt diantara kedua kabel tersebut.

Sementra itu, untuk generator AC 1 Phase atau generator listrik fase tunggal hanya mempunyai 2 kabel keluaran yaitu kabel phase dan kabel neutral saja.Selain itu, generator ini juga hanya dilengkapi dengan 1 buah kumparan atau beberapa kumparan yang terhubung secara seri.Tegangan yang dihasilkan oleh alat ini sebenarnya diukur dari titik keluaran Phase dan Neutral.

Baik generator 1 Phase maupun 3 Phase keduanya sama-sama memiliki nilai cos phi yang cukup baik.Nilai cos phi atau faktor daya sebenarnya adalah perbandingan antara besarnya daya aktif dengan daya semu yang dihasilkannya. Pada generator 1 Phase faktor daya yang dihasilkan adalah 1 yang berarti daya nyata yang dihasilkan sama besar dengan daya aktif yang dikeluarkan oleh alat tersebut. Sedangkan untuk 3 Phase, kebanyakan faktor daya yang dihasilkannya adalah 0,8 atau kurang dari 1 sehingga ada 3 jenis daya pada 3 Phase yaitu daya nyata (KVA), daya aktif (KW) dan yang terakhir adalah daya reaktif (Kvar)

Kelebihan generator 3 Phase

Mengingat tegangan yang dihasilkan oleh generator 3 Phase ini cukup besar maka generator ini dianggap lebih efisien jika digunakan untuk menerangi rumah dalam jumlah banyak. Hal ini tentu saja akan sangat membantu saat terjadi bencana alam sehingga menyebabkan adanya pemadaman listrik massal. Menurut sumber, genset 3 phase setidaknya bisa digunakan untuk menerangi 2 rumah sekaligus mengingat rata-rata tegangan listrik rumah tangga Indonesia adalah sebanyak 220 volt.

 

4 Alasan Mengapa Anda Harus Membeli Genset Diesel

Genset atau kependekan dari generator set adalah sebuah alat yang sudah banyak digunakan pada masa sekarang. Mengingat konsumsi listrik untuk kebutuhan manusia semakin meningkat setiap tahunnya, genset bisa jadi solusi sebagai alat pemasok listrik cadanagn untuk kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan tipenya genset terbagi menjadi 2, yang pertama adalah genset open dan yang kedua adalah genset silent. Genset open cenderung mengeluarkan suara yang lebih berisik dan mengeluarkan polusi yang lebih banyak daripada genset silent. Ini disebabkan karena genset open tidak memiliki pelindung atau box sedangkan genset silent memiliki box pelindung yang dapet meredam suara bising dan juga mengurangi polusi. Namun jika kita mengklasifikasikannya berdasarkan bahan bakarnya maka genset dibagi menjadi 2, yang pertama ada genset bensin dan yang kedua ada genset diesel terbaru. Genset yang menggunakan bahan bakar solar (genset diesel) sedikit lebih unggul dari yang menggunakan bahan bakar bensin. Genset yang satu ini memiliki 2 sampai 16 silinder pada mesinnya, tergantung dari jenis dan tipe genset tersebut. Berikut adalah 4 alasan mengapa anda harus memilih genset yang satu ini sebagai penyedia cadangan listrik.

  1. Perawatan yang relatif mudah

Genset yang satu ini bisa dibilang memiliki perawatan yang cukup mudah. Namun dengan mudhnya perawatan tersebut bukan berarti kita bisa lebih abai akan kondisi genset. Tetap ada beberapa perawatan yang harus kita lakukan seperti mengecek filter, pemanas dan pendingin mesin, sampai kebersihan dari mesin genset yang kita miliki. Kelangsungan hidup mesin genset sangat bergantung pada bagaimana cara perawatan yang anda berikan terhadap genset yang anda miliki.

 

  1. Suku cadang mudah didapat

Selain perawatannya yang mudah, genset yang satu ini juga memiliki keuntungan yang lain yaitu suku cadangnya mudah didapat. Anda bisa menemukan suku cadang daei genset ini dimanapun mulai dari online shop sampai dengan toko terdekat yang ada di sekitar tempat anda tinggal. Selainmmudh didapat, suku cadang dari genset yang satu ini juga bisa dibilang cukup murah.

 

  1. Memiliki daya listrik yang pas

Genset diesel sangatlah cocok untuk anda yang hanya membutuhkan cadangan listrik untuk kapasitas pemakaian yang kecil contonya untuk kelistrikan di rumah. Genset yang satu ini memiliki daya listrik yang cukup dan tidak berlebihan. Genset ini sendiri memiliki daya 5000 watt atau 5Kw yang cukup untuk kebutuhan listrik cadangan anda.

 

  1. Sebagai antisipasi dan perawatan barang-barang yang membutuhkan listrik

Mengingat belakangan ini sering terjadi pemadaman, maka genset menjadi sebuah solusi untuk mengatasi masalah itu semua. Genset yang satu ini juga bisa membantu anda merawat barang barang yang membutuhkan listrik seperti komputer, AC, televise, mesin cuci, dan masih banyak lagi. Seringnya terjadi pemadaman dapat membuat alat alat tersebut rusak. Genset diesel dengan mode on nya tersebut dapat mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik sewaktu-waktu saat anda sedang menggunakan benda-benda tersebut. Genset ini memastikan listrik anda tetap menyala saat terjadi pemadaman sehingga alat-alat tersebut tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Seperti itu lah penjelasan mengenai 4 alasan mengapa anda harus membeli genset diesel. 4 cara tersebut diharapkan dapat memberikan anda keyakinan lebih dalam memilih genset yang akan anda gunakan. Selain itu, s. Semoga artikel kali ini dapat penjelasan dan informasi yang berguna bagi anda yang sedang bingung untuk membeli genset yang akan anda pakai untuk kebutuhan sehari-hari.

3 Cara Merawat Genset Diesel Agar Awet Dan Tahan Lama

Di zaman modern seperti saat ini kehadiran listrik memanglah cukup sakral kehadirannya. Semua hal dari yang terbesar sampai yang terkecil pasti membutuhkan listrik. Saat ini, PLN masih menjadi sumber listrik terbesar bagi masyarakat Indonesia. Setiap bulannya, masyarakat Indonesia menggunakan listrik dengan julmah yang sesuai dengan kebutuhan hariannya. Setiap rumah memiliki kebutuhan lkstrik yang pastinya berbeda-beda. Biasanya, konsumsi listrik yang cukup besar dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk pabrik dan industry lainnya. Namun sayangnya, PLN yang menjadi satu-satunya pemasok listrik untuk masyarakat sangat sering terjadi gangguan. Mulai dari listrik padam sampai ke masalah-masalah yang lainnya. Biasanya, masyarakat yang membutuhkan listrik dalam jumlah besar menyiasatinya dengan membeli dan menggunakan genset. Genset banyak jenisnya mulai dari genset open, genset silent, dan juga genset diesel terbaik. Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika generator set atau yang biasa disingkat gensetbanyak digunakan sebagai alternative penyalur listrik cadangan untuk kebutuhan sehari hari. Dengan adanya genset sebagai pemsok dan penyalur listrik cadangan, maka kita tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu mengalami berbagai macam masalah kelistrikan. Genset juga butuh perawatan intens untuk menjaga kesehatan mesin dan juga supaya genset lebih awet. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana saja cara merawat genset maka berikut adalah 3 caranya.

  1. Perhatikan kebersihan genset

Kebersihan genset nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan mesin dari genset diesel tersebut. Selalu bersihkan kotoran, debu, atau cairan yang menempel pada bagian genset mulai dari yang terluar sampai yang terdalam. Salah satu bagian yang harus anda perhatikan pada saat membersihkan genset adalah radiator gensetnya. Bersihkanlah radiator genset secara berkala agar mesin tetap awet dan memiliki umur yang panjang. Selain itu, simpanlah genset pada tempat yang kering. Karena jika tempatnya lembab, atau ada sedikit genangan air maka akan mempengaruhi mesin serta dapat mengalirkan listrik tanpa disengaja.

 

  1. Rutin periksa bahan bakar

Karena genset yang satu ini berbahan solar, maka kebersihan filter sangat penting untuk diperhatikan. Periksalah tempat bahan bakar dan filternya agar mesin tetap bekerja dengan optimal. Jika filter sudah hitam dan kotor maka segeralah bersihkan atau anda bisa juga menggantinya dengan yang baru. Selain itu pastikan tidak ada goresan atau lecet pada filter bahan bakar genset. Karena goresan pada filter akan merusak performa mesin jika tidak segera diganti dan rutin dipakai.

 

  1. Periksa pemanas dan pendingin mesin

Mengingat genset yang satu ini menggunakan solar sebagai bahan bakarnya, maka penting bagi anda untuk memeriksa stabilitas dari sistem pemanasan gensetnya. Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan mengatur daya mesin 1/3 net power. Jika anda bingung bagaimana caranya, anda bisa melihat langkah langkahnya yang tertera pda buku panduan pengoperasian genset. Kemudian untuk pendinginnya, rutinlah untuk memeriksa interval cairan pendingin setiap genset telah selesai anda gunakan. Selain itu, anda harus memastikan bahwa radiator pada genset tersebut tetap bersih dan tidak terkontaminasi kotoran apapun.

 

Begitulah penjelasan mengenai 3 cara merawat genset diesel agar awet dan tahan lama. 3 cara tersebut bisa anda terapkan untuk menjaga genset anda tetap awet dan tahan lama. Selain itu, servis rutin juga perlu untuk dilakukan agar kesehatan mesin tetap terjaga. Semoga artikel kali ini dapat penjenlasan dan informasi yang berguna bagi anda yang sedang bingung untuk mengetahui bagaimana cara merawat genset.