Mengenal Fungsi Genset 3 Phase

Generator atau yang lebih dikenal dengan nama genset sebenarnya adalah alat yang digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik. Biasanya, alat ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu genset arus searah (DC) dan genset arus bolak-balik (AC). Namun, khusus untuk genset AC beberapa orang juga menyebutnya dengan nama Alternator. Selain dari jenisnya, genset juga bisa dibedakan berdasarkan komponennya seperti genset 3 Phase terbaik dan 1 Phase.

Kelebihan generator 3 Phase

Sebenarnya jika dilihat dari segi fungsi, genset ini memiliki fungsi yang sama dengan genset pada umumnya yaitu sebagai pembangkit listrik. Lalu?Apakah yang membedakan genset jenis ini? Apakah perbedaan komponen yang dimilikinya tidak memberikannya kelebihan apa pun?

Walaupun fungsinya sama dengan genset lain tapi perlu kalian tahu jika genset ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis genset biasa yaitu besar tegangan (voltase) yang dihasilkan. Berbeda dengan genset biasa yang sering digunakan di rumah-rumah, genset ini memiliki daya sekitar 380 volt.Cukup besar untuk ukuran genset kecil.Bandingkan dengan tegangan yang dihasilkan oleh genset biasa atau genset 1 Phase yang terbatas hanya bisa menghasilkan listrik dengan tegangan 220 volt yang merupakan tegangan sebagian besar listrik rumah tangga di tanah air.

Lalu, kenapa dengan tegangan yang dihasilkan?Apakah besar tegangan yang dihasilkan berdampak signifikan pada performanya dan harganya?Sebenarnya tidak selalu demikian namun yang jelas dengan tegangan yang lebih besar maka kalian bisa menghasilkan daya yang lebih besar sehingga bisa digunakan untuk mengaliri lebih banyak peralatan elektronik.

Jika dilihat dari tegangan yang dihasilkan dan membandingkannya dengan tegangan listrik yang kebanyakan digunakan masyarakat Indonesia maka setidaknya generator ini mampu menghidupkan 2 buah rumah sekaligus. Jika dilihat sekilas memang hal tersebut kurang begitu penting namun coba bayangkan jika kalian sedang dalam kondisi darurat seperti sedang terkena bencana  alam sehingga pasokan listrik PLN terpaksa harus dipadamkan untuk sementara waktu.

Perlu diketahui, dalam keadaan seperti iyu pemadaman bisa berlangsung selama berhari-hari sehingga mau tidak mau kalian membutuhkan genset dengan tenaga yang lebih besar namun juga memiliki harga yang terjangkau.Oleh sebab itu maka genset 3 Phase ini merupakan pilihan terbaik karena lebih efisien dari segi ukuran dan harga.

Selain untuk keperluan darurat seperti diatas, saat ini banyak juga tersedia generator 3 Phase yang memiliki kapasitas sangat besar yang ditujukan untuk industri.Meskipun bukan untuk kepentingan rumah tangga tapi genset seperti ini bisa dikatakan lebih terjangkau dibandingkan genset-genset lainnya.

Harga generator 3 Phase

Dibandingkan dengan genset 1 Phase, generator 3 Phase tentu memiliki harga yang relatif lebih tinggi.Hal ini dikarenakan tegangan serta kapasitasnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan genset normal. Menurut beberapa sumber, setidaknya harga satu buah generator 3 Phase ini dijual dengan kisaran Rp 8 juta hingga puluhan juta rupiah tergantung ukuran dan kapasitasnya. Semakin besar kapasitas yang dimilikinya maka harganya tentu saja semakin mahal.Bahkan disebut-sebut ada yang mencapai harga Rp 50 juta rupiah.

Meskipun harganya terbilang cukup lumayan tapi hal tersebut tampaknya tidak menjadi masalah terutama untuk dunia industri.Genset 3 Phase dinilai bisa membantu meningkatkan usaha jika terjadi sewaktu-waktu pasokan listrik terputus secara tiba-tiba.Dengan adanya genset ini maka kepentingan usaha atau apapun itu bisa berjalan kembali setidaknya hingga listrik kembali menyala.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *