Hal yang Perlu Diketahui tentang Solar Tower Light

lightening tower

 

Di lingkungan kerja seperti area konstruksi dan lokasi tambang, tentu lighting tower sudah tidak lagi menjadi hal yang asing. Justru tower penyedia pencahayaan tersebut cukup sering digunakan agar pekerjaan bisa tetap berjalan walau di kondisi gelap atau malam. Untuk urusan tower light, ada banyak jenis yang bisa ditemukan.  Salah satu kategorinya ada di aspek bahan bakar yang digunakan. Genset yang digunakan sebagai sumber listrik untuk tower lampu tersebut biasa menggunakan bahan bakar bensin atau solar. Lalu, ada juga yang menggunakan listrik melalui baterai. Namun, bagaimana dengan lighting tower bertenaga surya?

Solar lighting tower merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut tower lampu yang memanfaatkan sinar matahari untuk diolah menjadi sumber listrik, Hal serupa sudah banyak diaplikasikan dengan adanya solar panel yang mempunyai beragam ukuran. Dengan begitu, bukan hal yang mustahil untuk menggunakan tenaga matahari tersebut. Hal tersebut mendorong pengembangan dan penciptaan solar lighting tower. Lalu, apa yang menjadi keuntungan dari lighting tower bertenaga surya tersebut?

Pertama, tentu efisiensi bahan bakar menjadi hal yang sangat jelas di solar tower light. Biasanya, harus ada solar atau bensin yang digunakan. Konsumsinya pun tidak sedikit karena bisa mencapai puluhan dan bahkan ratusan liter tiap harinya. Dengan adanya pemanfaatan sinar matahari, tentu konsumsi bahan bakar bisa dipangkas sehingga biaya operasional pun akan menjadi lebih rendah. Ditambah lagi, solar tower light sangatlah bersahabat dengan alam. Polusi hingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih rendah. Dengan demikian, dampak negatif ke alam pun bisa berkurang. Apalagi, lampu yang digunakan adalah LED dan sudah dikenal dengan penyerapan dan pemanfaatan daya yang lebih baik daripada lampu lainnya.

Apakah ada kekurangan dari solar tower light? Tentu saja ada hal yang masih harus dikembangkan. Salah satunya adalah masalah di cuaca. Kalau cuacanya cerah, tentu cahaya matahari yang bisa dimanfaatkan akan lebih besar. Namun ketika langit mendung dan bahkan hujan, tentu daya yang ada tidak akan cukup. Kekurangan lainna adalah biaya. Harganya memang tidak murah, dan bahkan bisa lebih tinggi dari pada tower light lainnya.